Timnas U-16 Bekuk Thailand 

0
353

BANGKOK, JELUKA.ID (21 September): Timnas Indonesia U-16 berpeluang besar lolos ke Piala Asia U-16 tahun depan.Itu terjadi setelah Sutan Zico dan kawan-kawan berhasil menaklukkan tuan rumah Thailand 1-0 pada laga ketiga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16, Rabu 20 September.

Meski hanya tercipta satu gol, laga di Stadion Rajamanggala berlangsung sengit dan dramatis. Baik timnas U-16 maupun Thailand sama-sama tampil agresif dan sering mendapat peluang emas. Tingginya tensi para pemain juga menambah seru laga ini.

Setelah susah payah menggempur pertahanan Thailand, gol semata wayang yang ditunggu-tunggu Indonesia akhirnya lahir pada menit ke-20. Gol itu dicetak oleh Amanar Abdillah setelah menyontek umpan tarik salah satu rekannya dari sisi kanan pertahanan Thailand.

Thailand makin agresif ketika tertinggal. Penguasaan bola berhasil mereka kuasai dan tempo pertandingan pun dibuat makin cepat. Kendati demikian, pertahanan timnas U-16 masih terlalu kokoh untuk ditembus. Skor keunggulan 0-1 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

Thailand tidak menurunkan tempo serangan ketika memain babak kedua. Permainan cepat pada babak pertama masih ditunjukkan dengan baik dan peluang emas pun tercipta makin banyak.

Salah satu peluang terbaik Thailand sempat tercipta menjelang laga berakhir atau tepatnya pada menit ke-85. Saat itu, salah satu pemainnya ada yang melakukan tembakan keras namun masih membentur tiang.

Meski dipaksa bertahan, timnas U-16 tetap berhasil mendapat peluang emas melalui serangan-serangan balik yang sangat cepat. Sayang, jumlah keunggulan 0-1 tidak bertambah sampai dengan laga berakhir karena penyelesaian akhir yang kurang sempurna.

Dengan kemenangan ini, artinya timnas U-16 makin kokoh di puncak klasemen sementara Grup G dengan koleksi 9 poin. Skuat Garuda Asia mengungguli Thailand, Timor Leste, dan Laos yang sama-sama baru mengoleksi tiga poin.

Itu artinya, peluang timnas U-16 untuk lolos ke Piala Asia U-16 2018 terbuka lebar. Harapan itu bakal menjadi kenyataan apabila timnas U-16 mampu menang atau minimal bermain imbang lawan Laos pada laga pamungkas fase grup, Jumat 22 September mendatang.

Berikut susunan pemain timnas U-16 vs Thailand:

Timnas U-16: Amiruddin Bagas Aprizqi, Mochamad Yudah Febrian, Ahmad Rusadi, Fadilah Nur Rahman, David Maulana (C), Amanar Abdillah, Andre Oktaviansyah, Sutan Diego Armando Zico, Rendy Juliansyah, Mohammad Supriadi, Ernando Ari Sutaryadi.

Thailand: Arthit Bua-Ngam, R.Chatimongkol, Jakkrapong Sanmahung (C), Pongsakorin Innet, Thanarin Thumsen, Sarawut Saowaros, Kittiphong Khetpara, Natthawut Paengkrathok, Thanakit Thongsari, Thakdanai Jaihan, Nattakit Butsing.(JL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here