Pekan Sinema Sang Akar

0
837

JAKARTA, jeluka.id: Pekan Sinema Sang Akar merupakan sebuah kegiatan dalam rangka 23 tahun Sanggar Anak Akar sekaligus peresmian Sinema Sang Akar dan peluncuran program Sang Akar Institute. Kegiatan ini diinisiasi oleh Sang Akar Institute – Yayasan Anak Akar Indonesia – Sanggar Anak Akar. Bentuk kegiatan dalam Pekan Sinema Sang Akar berupa pemutaran film selama sepekan 21 – 27 November 2017.
Rektor Sang Akar Institute, Ibe Karyanto bahwa kegiatan dalam bentuk pemutaran film dipilih karena film bisa membangkitkan compassion, baik dari pembuat film hingga ke penonton.
“Film digemari banyak orang karena setiap peristiwa bisa direkam secara audio visual. Efeknya sangat besar dalam mewujudkan perubahan sosial di masyarakat kita. Film juga merupakan media kampanye yang efektif baik oleh pembuat film kepada penonton, untuk menumbuhkan compassion terutama di kalangan anak muda agar sadar dan mau terlibat dalam kerja-kerja perubahan, sekecil apapun geraknya.”
Daftar film yang akan diputar adalah sebagai berikut:
1. Turah (Wicaksono Wisnu Legowo), 21 November 2017, pukul 19.00 wib.
2. Prenjak & Wregas Bhanuteja Films, 22 November 2017, pukul 19.00 wib.
3. Sebelum Pagi Terulang Kembali (Lasja F. Susatyo), 23 November 2017, pukul 19.00 wib.
4. Balik Jakarta & Jason Iskandar Films, 24 November 2017, pukul 19.00 wib.
5. Istirahatlah Kata-Kata (Yosep Anggie), 25 November 2017, pukul 19.00 wib.
6. Mbok & Heirosay Films, 26 November 2017, pukul 19.00 wib.
7. Siti (Eddie Cahyono), 27 November 2017, pukul 19.00 wib.
Film-film yang diputar merupakan produksi kelompok-komunitas yang memiliki pernyataan dan sikap yang tegas terhadap fenomena sosial dan sekitarnya yang menjadi perhatian publik. Kegiatan ini menjadi ruang belajar bersama yang untuk mengembangkan proses kerja pendidikan kritis melalui seni yang telah berjalan selama 23 tahun.
Sang Akar Institute sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan alternatif untuk kaum muda yang bergerak di bidang pelatihan, riset dan pendidikan kritis dengan menggunakan media film, fotografi, musik dan penulisan kreatif.

Sinema Sang Akar, solusi pemutaran dan diskusi film di Jakarta.

Untuk memfasilitasi kebutuhan menonton film diluar bioskop komersil, Direktur Eksekutif Yayasan Anak Akar Indonesia, Susilo Adinegoro mengatakan bahwa kebersamaan bisa terbangun ketika menonton film. Oleh karena itu Sinema Sang Akar hadir dan mewadahi hal tersebut.
“Sinema Sang Akar merupakan tempat dimana orang-orang bisa secara kolektif datang membawa film dan menonton film tersebut sesuai kebutuhan mereka, lalu bisa dilanjutkan dengan mendiskusikan film tersebut. Sinema Sang Akar adalah ruang bersama yang dirancang bukan sekadar untuk menyaksikan film, tetapi juga menjadi ruang diskusi yang produktif dan terbuka untuk berkomunikasi dan berbagi pengetahuan.”
Sinema Sang Akar menjadi tempat alternatif pemutaran film diluar bioskop komersil yang ada saat ini. Tempat ini terbuka untuk publik, baik melalui program pemutaran film maupun secara berkelompok dengan melakukan reservasi terlebih dahulu.”
Sinema Sang Akar berkapasitas 25 orang dengan fasilitas ruang yang nyaman, diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan penonton. Terletak di jalan Tebet Dalam 1 No. 22, membuat Sinema Sang Akar sangat strategis dan mudah dijangkau.

Peluncuran Program Sang Akar Institute dan Peresmian Sinema Sang Akar
Pekan Sinema Sang Akar juga dirangkaikan dengan peringatan 23 tahun berdirinya Sanggar Anak Akar, sebagai sebuah model pendidikan akternatif. Pada peringatan tahun ini, Sanggar Anak Akar mengambil tema “Kembali Mengakar”.
“Mengajak kembali pada rasa kemanusiaan. Itu arti dari tema “kembali mengakar”, ujar Hairun Nisa, Pengurus Harian Sanggar Anak Akar
Acara syukuran 23 Tahun Sanggar Anak Akar juga dirangkaikan dengan Peluncuran Program Sang Akar Institute dan Peresmian Sinema Sang Akar. Acara ini akan dihadiri oleh Bapak DR. Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan sekaligus menandatangani sketsa peluncuran Program Sang Akar Institute dan peresmian Sinema Sang Akar.
Setelah penandatanganan sketsa, para tamu undangan akan nonton bersama film “Prenjak” dan film karya Wregas Bhatuneja.

Alamat Sinema Sang Akar:
Jl. Tebet Dalam 1 No. 22, Tebet, Jakarta Selatan.
Telepon 021 – 83709039
Kontak CS 082178785600

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here