NasDem Bentuk Tim Advokasi Hukum Kawal Keluarga Korban Perkosaan

0
449

BANGIL, Sabut 11 Juli 2020: DPD Partai NasDem Kabupaten Pasuruan, secara khusus membentuk tim advokasi untuk mengawal dan memonitor proses hukum terhadap pelaku tindak kekerasan dan perkosaan terhadap anak lima tahun di Desa Tanggulangin, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Diketahui, tindak kekerasan dan perkosaan pelaku terhadap bocah lima tahun yang berujung kematian menjadi keprihatinan banyak pihak.

“Kami mengutuk keras tindak kejahatan perkosaan dan pembunuhan terhadap anak. Itu adalah perbuatan keji,” ujar Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono dalam keterangan tertulisnya yang dikirim ke partainasdem.id, Sabtu (11/7).

Sebagai partai yang peduli rakyat, pihaknya telah menugaskan Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem untuk mengawal proses hukum tindak kekerasan anak tersebut. Tim ini akan berkoordinasi dengan pihak terkait sebagai upaya dan memastikan proses hukum berjalan sesuai aturan.

“Kasus kejahatan terhadap perempuan dan anak yang terus terjadi patut menjadi perhatian semua pihak agar tidak terulang di masa mendatang,” tandas Joko Cahyono yang juga Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan.

Ketua Tim Advokasi NasDem Kabupaten Pasuruan, Eko Suryono menyatakan, pihaknya akan secara intens melakukan komunikasi dengan pihak terkait. Partai NasDem juga akan terus hadir mendampingi keluarga guna memulihkan kondisi psikologisnya.

“Langkah riil mengawal proses hukum akan dilakukan secara intens, termasuk pendampingan pemulihan psikologis keluarga korban,” tukas Eko Suryono.

Dikatakannya, hasil kerja tim ini akan menjadi bahan evaluasi dan dilaporkan ke DPW dan DPP Partai NasDem untuk merumuskan pembuatan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual. Sehingga hak perempuan dan anak untuk mendapatkan perlindungan akan semakin terjamin.

Di sisi lain, Garda Wanita (Garnita) Malahayati, organisasi sayap Partai NasDem, ditugaskan untuk mendampingi keluarga korban. Pendampingan ini dilakukan sebagai upaya trauma healing atau penyembuhan trauma yang dialami keluarga Raisa Hasnabila alias Rara.

Kunjungan dan pendampingan Garnita Malahayati DPD NasDem Kabupaten Pasuruan , sekaligus pembacaan Yasin, Tahlil yang dipimpin KH.Halim Jasim, Pengasuh Pondok Sidokaton Pasuruan.

Acara diawali dengan bantuan yang diserahkan langsung oleh Pembina Garnita Malhayati Hj.Sri Aning , SH, S.pN.

“Setelah penyerahan bantuan, kami langsung memberikan Pernyataan Sikap Keprihatinan serta dukungan kepada Pihak Aparatur untuk menuntaskan kasus kekerasan ibu dan anak tersebut , untuk diproses sebagaimana yang berlaku,” pungkas Sri Aning. (Sis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here