Madrid Keok 0:1 Lawan Real Betis

0
403

JAKARTA, JELUKA (21 September): Kekalahan 0-1 dari Real Betis di Santiago Bernabeu tidak hanya meme­ngaruhi posisi Real Madrid di klasemen La Liga Spanyol, tapi juga menghentikan mereka melampaui rekor raksasa Brasil, Santos. Los Blancos mencatatkan 73 laga tanpa pernah absen men­cetak gol sejak melawan Manchester City di Liga Champions Eropa pada April 2016. Rekor serupa dikukuhkan Santos 49 tahun silam.

Hasil itu membuat sang arsitek Zinedine Zidane menerima cap buruk untuk kali pertama sejak memimpin tim pada awal 2016. Tidak pernah menang dalam tiga laga kandang di periodisasi awal La Liga ini merupakan rekor terburuk Real Madrid yang diarsiteki Zidane sepanjang dua dekade terakhir. Sebelumnya Madrid dipaksa bermain seri dengan dua tamu mereka, Valencia (2-2) dan Levante (1-1).

“Ini buruk. Ini sepak bola ketika bola tidak ingin masuk dan itu bisa terjadi. Kami tidak memainkan permainan terbaik, tapi juga bukan yang terburuk. Kami punya 26 atau 27 peluang hari ini, tapi tidak satu pun gol tercipta,” kata Zidane membela diri.

Madrid melepas tiga poin di depan pendukung sendiri berkat gol tunggal penyerang muda Antonio Sanabria di injury time. Di sisi lain, kritikan atas penampilan lini serang sang juara bertahan kembali mengemuka lantaran Gareth Bale dan Isco kehilangan insting mencetak gol. Demikian pula performa Ronaldo yang dinilai melempem. Kapten timnas Portugal itu dihukum lima kali larangan bertanding karena mendorong wasit saat leg kedua Piala Super Spanyol kontra Barcelona bulan lalu.

“Kami senang memiliki Cristiano bersama kami dan untuk dia berada di tim ini. Saya tidak mengkhawatirkan apa pun. Saya selalu ingin menang. Anda dapat mengubah susunan pemain, tapi idenya sama,” kata Zidane lagi.

Tidak meraih poin pada pekan kelima membuat jarak poin dari sang rival Barcelona semakin menjauh. Kini kedua tim berjarak tujuh poin. Blaugrana meraih poin sempurna dalam lima laga dengan koleksi 15 poin.

“Ketika tidak menang, kami harus mencari penyebabnya dan memperbaiki kesalahan. Kami masih bisa lebih baik. Kami hanya harus tetap tenang dan solid, itulah kunci kesuksesan. Kami pernah mengalami situasi seperti ini sebelumnya dan kami bisa bangkit pada akhirnya,” tukas kapten Madrid Sergio Ramos.

Kontras dengan Madrid, rival sekota, Atletico Madrid, sukses meraup poin penuh setelah menang tipis 2-1 atas Athletic Bilbao di San Mames. Angel Correa dan Yannick Carrasco membawa skuat asuhan Diego Simeone itu memimpin sebelum diperkecil Raul Garcia.

Rekor baru
Dari Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund kembali merebut posisi puncak klasemen dari se­teru utama mereka, Bayern Muenchen, setelah melibas Hamburg 3-0, Kamis (21/9). Kemenangan itu membuat Dortmund belum terkalahkan di Bundesliga sekaligus menjadi rekor baru buat sang arsitek Peter Bosz. Mantan juru taktik Ajax Amsterdam itu tercatat sebagai pelatih pertama yang timnya tidak pernah kebobolan di lima laga pertama Bundesliga.

“Saya bangga kepada para pemain. Itu bukan laga yang mudah. Hamburg terus menekan kami, tapi kamilah yang tampil sebagai pemenang.” Berkat tambahan tiga poin itu, Dortmund sementara me­ngoleksi 13 poin, unggul satu angka atas Muenchen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here