Jalur Laut Jadi Penyebab Varian Delta Menyebar di Indonesia

Jalur Laut Jadi Penyebab Varian Delta Menyebar di Indonesia

JAKARTA, 13 September 2021 : Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengungkap penyebab membludaknya varian Delta Covid-19 di Indonesia.

Budi menyebutkan, penjagaan dan pencegahan masuknya varian Delta akibat pemerintah abai mengawasi jalur masuk melalui laut.

“Kemarin kita agak kebobolan karena kita lupa menjaga dari sisi lautnya banyak kapal-kapal pengangkut barang dari India krunya saat mendarat diizinkan turun. Sehingga menular,” ujar Budi Gunadi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9).

Lebih lanjutnya, Budi menjelaskan, saat ini pintu-pintu masuk memang sudah diperketat guna mengawasi varian baru Covid-19 yang memang sebarannya menyeluruh melanda dunia.

“Kita sudah lihat masuknya varian baru. Kalau ini tidak terjaga dengan baik di awal maka akan bisa sangat cepat menguasai landscape varian-varian yang ada,” tambah Budi.

Menurut Budi, upaya penjagaan di pintu-pintu masuk itu salah satunya ialah dengan menerapkan karantina.

“Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga border kita. Perbatasan kita pintu-pintu masuk kita, memperketat namanya entry dan exit test dan termasuk mendisplinkan proses karantina,” pungkas Budi. (Rian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.